$type=carousel$count=10$cols=3$cate=0$show=home

$type=grid$rm=0$sn=0$count=1$va=0$show=home

$type=three$tbg=$count=3$space=0$m=0$sn=0$rm=0$ico=1$cate=1$show=home$i=show

[Gallery] Yang Tertuang di Atas Kanvas pada Pameran Seni Rupa

Banda Aceh, sebuah kota di Ujung Barat Indonesia ini terus berbenah diri terutama dalam hal seni dan pariwisata. Setelah sukses den...




Banda Aceh, sebuah kota di Ujung Barat Indonesia ini terus berbenah diri terutama dalam hal seni dan pariwisata. Setelah sukses dengan acara tahunan seperti Piasan Seni, Festival Kopi, dan Festival Kuliner Aceh, kini Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Aceh mengangkat tema seni rupa untuk dipamerkan.

Pameran seni rupa yang dilaksanakan di Taman Seni dan Budaya Banda Aceh itu memamerkan lukisan karya para perupa dari 7 kabupaten/kota. Lukisan-lukisan yang dipamerkan umumnya menggambarkan adat istiadat di masyarakat Aceh. Ada juga lukisan tokoh-tokoh pahlawan Aceh seperti Tjut Nyak Dhien.

Yuk kita lihat lebih jelas karya indah para perupa Aceh!

Lukisan Pemulia Jame (memuliakan tamu) karya Rein S Asmara thn 2016. Lukisan ini menggambarkan tariaan adat Aceh bernama Ranup Lampuan, sebuah tarian yang biasa dipersembahkan di acara-acara tertentu seperti pesta perkawinan dengan tujuan memuliakan para tamu yang hadir. 


Lukisan karya Ismawan thn 2016 ini berjudul kuliner dan Mie Aceh adalah sala satunya yang terkenal.


Lukisan wanita pejuang Aceh Tjut Nyak Dhien. Salah seorang wanita Aceh yang sangat berani dan tangguh dalam menghadapi penjajah di zaman Belanda dulu. Lukisan ini adalah hasil karya Tanzil thn 2016.


Lukisan karya Iswadi Basri thn 2016 ini berjudul Rumoh Lon di Bineh Glee (rumahku di pinggir hutan). Dulu hampir semua rumah maasyarakat Aceh berbentuk panggung seperti dalam lukisan. Lukisan ini juga menggambarkan suasana kehidupan di Aceh yang masih sangat tradisional dan asri serta menyatu dengan alam. Suasana seperti ini sudah jarang dijumpai karena sekarang hampir semua bangunan terbuat dari beton.


Lukisan ini berjudul Rona Senja karya KMR Agam thn 2016. Lokasi dalam lukisan ini adalah Ulee Lheue dan sangat mirip dengan aslinya.


Kalau lukisan ini judulnya Peudong Rumoh Aceh (mendirikan Rumah Aceh). Lukisan thn 2016 karya Adiklat ini secara tidak langsung menggambarkan rasa kebersamaan dan saling tolong menolong yang ada dalam diri masyarakat Aceh dalam mengerjakan sesuatu. 


Berikut ini masih ada beberapa karya perupa Aceh yang artistik. Namun sayang di lukisan berikut tidak disebutkan nama perupanya. Yuk kita lihat lagi!


Pengantin pria dan wanita dalam balutan busana adat Aceh saat melangsungkan resepsi pernikahan.


Potret keseharian masyarakat Aceh.


Sebelum pulang, selfie dulu untuk kenang-kenangan. Hehe..

Itulah beberapa momen yang terekam kamera saya. Semoga tahun depan akan ada lagi acara seperti ini, yang lebih meriah lagi tentunya. Ayo kita dukung kreativitas dan karya-karya anak bangsa. 


Share:

Facebook Google+ Twitter
privacy-icon.pngTHANK YOU
Semoga tulisan dari seorang ibu satu anak ini bermanfaat. Terima kasih untuk sobat yang sudah berkunjung ke rumah mungil saya. Komentar kalian semangat saya. Kalau ada saran dan masukan jangan segan untuk disampaikan. Dengan senang hati akan ditanggapi. Happy reading guys.^^

COMMENTS

BLOGGER: 2
Loading...

TIPS & PARENTING$type=grid$rm=0$sn=0$count=2$va=1

CULINARY & RECIPE$type=grid$rm=0$sn=0$count=2$va=1

TRAVELLING & HISTORY$type=grid$rm=0$sn=0$count=2$va=1

Name

Advertorial,3,Blogging,9,Competition,15,Culinary,8,Diary,21,Family,13,Feature,9,Friend,2,Gallery,11,History & Culture,5,Opinion,9,Parenting,15,Poetry,7,Recipe,5,Review,8,Tips,18,Travelling,16,Uncategorized,7,Video,6,Video Rashid,3,
ltr
item
SRI CORNER: [Gallery] Yang Tertuang di Atas Kanvas pada Pameran Seni Rupa
[Gallery] Yang Tertuang di Atas Kanvas pada Pameran Seni Rupa
https://1.bp.blogspot.com/-F9qYRWCny_Q/WDad4gJ15CI/AAAAAAAAB_w/YqOlms9ytlkxoTcaKXa07R29w4uQOHyvwCLcB/s640/P_20161102_114733.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-F9qYRWCny_Q/WDad4gJ15CI/AAAAAAAAB_w/YqOlms9ytlkxoTcaKXa07R29w4uQOHyvwCLcB/s72-c/P_20161102_114733.jpg
SRI CORNER
https://coretan-sri.blogspot.com/2016/12/gallery-yang-tertuang-di-atas-kanvas-pada-pameran-seni-rupa.html
https://coretan-sri.blogspot.com/
https://coretan-sri.blogspot.com/
https://coretan-sri.blogspot.com/2016/12/gallery-yang-tertuang-di-atas-kanvas-pada-pameran-seni-rupa.html
true
4285505137762351497
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy