$type=carousel$count=10$cols=3$cate=0$show=home

$type=grid$rm=0$sn=0$count=1$va=0$show=home

$type=three$tbg=$count=3$space=0$m=0$sn=0$rm=0$ico=1$cate=1$show=home$i=show

Cara Merawat Gigi Anak Usia 0-2 Tahun

Menjadi orang tua itu banyak sekali PR nya. Segala hal tentang anak terutama saat balita perlu diperhatikan. Sebagai orang tua baru, sa...

http://www.sricorner.com/

Menjadi orang tua itu banyak sekali PR nya. Segala hal tentang anak terutama saat balita perlu diperhatikan. Sebagai orang tua baru, saya banyak mencari tahu tentang cara merawat dan menjaga anak, khususnya soal kesehatan. 

Kali ini saya ingin cerita tentang cara merawat dan menjaga kesehatan gigi anak yang berusia dua tahun ke bawah berdasarkan pengalaman saya sendiri. Untuk soal ini saya kecolongan bangeeett. Soalnya sekarang, di usia ke 23 bulan, gigi Rashid berplak lumayan tebal. Itu semua karena kelalaian dan ketidaktahuan saya bagaimana cara merawat gigi anak secara benar. Tapi kata teman-teman dan dokter itu semua masih bisa diatasi dan saya sekarang dalam proses mengusahakan itu.

Gigi pertama Rashid tumbuh saat ia berusia 9 bulan. Sekarang, gigi Rashid sudah hampir penuh. Saya tidak ingat ingat bagaimana cara membersihkan gigi Rashid saat ia masih bayi, yang pasti jarang sekali. Dua hari sekali belum tentu saya bersihkan giginya.

Kata orang tua saya, gigi anak bayi jangan disikat karena gigi dan gusinya masih sangat sensitif.

"Kamu juga dulu waktu masih bayi gak disikat kok giginya," kata bapak saya. 

Kalimat itu sedikit banyak mempengaruhi pikiran saya. Saya jadi jarang membersihkan gigi Rashid, padahal itu penting sekali. Terutama bagi bayi yang minumnya susu formula. Beruntung Rashid minumnya ASI, jadi giginya gak sampai karies seperti kebanyakan anak yang minum susu formula, meskipun selalu tertidur dalam keadaan nyusu (kalau gak nyusu gak mau tidur).

Waktu berlalu, sekarang bayi kecil saya sudah bukan bayi lagi. Satu bulan lagi usianya genap 2 tahun. Sudah pintar bicara dan aktif berlari kesana kemari. Semua makanan juga diicip-icip. Mulai dari nasi, ikan, telur, sayur, kue, bahkan kacang goreng buatan nenek untuk lebaran. Tapi sikat giginya jarang, akhirnya muncul plak di gigi Rashid. Saya khawatir jika tidak segera ditangani giginya akan rapuh dan mudah patah. Tentunya itu akan mempengaruhinya saat mengunyah makanan.

Sekarang saya jadi pusing sendiri lihat kondisi gigi Rashid. Untung saja bentuknya masih bagus, tidak patah atau berlubang. Jadi sekarang saya harus berusaha keras membersihkan plak di gigi Rashid.Mengapa hal ini sampai terjadi?

Ini beberapa list kesalahan saya!

* Menganggap sepele kesehatan gigi anak, terutama saat masih bayi.

* Kurang mencari informasi seputar kesehatan gigi anak. Jujur saya lebih konsen mencari info bagaimana mengatasi anak yang sakit demam. Ini karena Rashid pernah step. Jadi saya merasa parno jika badan Rashid mulai hangat.

* Rashid sangat tidak kooperatif saat diajak membersihkan gigi. Dia selalu menutup mulut, menepis tangan saya, dan menangis. Kalau sudah nangis ya saya nyerah deh, karena Rashid itu kalau nangis lama diamnya. Akhirnya saya jadi malas membersihkan gigi Rashid karena banyak dramanya.

* Kata-kata orang tua dan beberapa tetangga yang bilang tidak apa-apa kalau gigi anak tidak di sikat. Katanya nanti kalau besar giginya kan bakal disikat dan bersih juga. Sama seperti cara orang tua dulu merawat gigi saya.

Teman-teman, cukup saya yang punya pikiran seperti itu. Kalian jangan ya. Saya sudah banyak googling soal kesehatan gigi anak dan juga berkonsultasi pada dokter gigi. Intinya, gigi anak harus dibersihkan rutin sejak tumbuh. Bahkan sebelum punya gigi pun, gusi dan lidah bayi harus dibersihkan agar tidak tebal dengan ASI/susu. Tentunya cara membersihkan beda dengan kita yang sudah dewasa.


http://www.sricorner.com/
Ini sikat gigi saat usia Rashid belum setahun. Sikat gigi ini berbahan silikon, lembut dan tidak tajam. Bagian belakang bulu sikat berbentuk tonjolan-tonjolan kecil berfungsi membersihkan lidah. Cara menggunakannya dengan memasukkan jari ke dalam sikat gigi lalu digosok-gosok ke gigi.


Ini yang harus dilakukan saat membersihkan gigi anak usia 0-2 tahun!

* Bersihkan gigi anak menggunakan kain atau kasa yang lembab. Lembab ya bukan basah.

* Gunakan air matang, jangan air keran/sumur. Anak usia 0-2 tahun belum bisa berkumur, jadi air pasti ikut tertelan.

* Jangan gunakan pasta gigi. Pasta gigi mengandung bahan kimia yang berbahaya jika ditelan. Cukup bersihkan dengan air hangat, yang penting rutin.

* Jika gigi bayi sudah tumbuh banyak dan keluar sempurna, terutama geraham, gunakan sikat gigi.

* Pilih sikat gigi yang bulunya lembut agar tidak melukai gusi. Pas menyikat gigi juga jangan keras-keras, nanti anak akan kesakitan dan kalau sudah sakit akan makin susah diajak menyikat gigi.

* Perhatikan cara atau petunjuk menyikat gigi yang benar.

* Anak cenderung susah untuk disikat giginya. Ajak dia sikat gigi sambil bermain. Kalau saya menyediakan dua sikat gigi, satu untuk saya dan satu untuk Rashid. Jadi kami menyikat gigi Rashid secara bergantian agar Rashid mudah membuka mulutnya.


http://www.sricorner.com/
Ini sikat dan pasta gigi yang Rashid gunakan sekarang. Rashid mulai menggunakan sikat gigi ini sejak usia 19 bulan karena giginya sudah tumbuh penuh. Untuk pasta giginya tidak saya berikan setiap hari, tapi sehari sekali. Selebihnya disikat dengan air hangat saja. Pasta gigi ini aman lho jika tertelan dan Rashid suka.

Jadi sekarang saya sudah konsisten membersihkan gigi Rashid dua kali sehari. Sedikit demi sedikit plaknya sudah berkurang, meski belum hilang total. Jika Rashid makan atau minum yang manis-manis saya berikan air putih untuk menetralisirnya agar tidak menempel di gigi. So moms, jangan abaikan soal kesehatan anak yang satu ini ya.

Share:

Facebook Google+ Twitter
privacy-icon.pngTHANK YOU
Semoga tulisan dari seorang ibu satu anak ini bermanfaat. Terima kasih untuk sobat yang sudah berkunjung ke rumah mungil saya. Komentar kalian semangat saya. Kalau ada saran dan masukan jangan segan untuk disampaikan. Dengan senang hati akan ditanggapi. Happy reading guys.^^

COMMENTS

BLOGGER: 1
Loading...

TIPS & PARENTING$type=grid$rm=0$sn=0$count=2$va=1

CULINARY & RECIPE$type=grid$rm=0$sn=0$count=2$va=1

TRAVELLING & HISTORY$type=grid$rm=0$sn=0$count=2$va=1

Name

Advertorial,3,Blogging,9,Competition,15,Culinary,8,Diary,21,Family,13,Feature,9,Friend,2,Gallery,11,History & Culture,5,Opinion,9,Parenting,15,Poetry,7,Recipe,5,Review,8,Tips,18,Travelling,16,Uncategorized,7,Video,6,Video Rashid,3,
ltr
item
SRI CORNER: Cara Merawat Gigi Anak Usia 0-2 Tahun
Cara Merawat Gigi Anak Usia 0-2 Tahun
https://4.bp.blogspot.com/-HYYLsYcu7ss/WXSsnVjVPvI/AAAAAAAACRM/lyyer5vrloIL8hcLjj83Mc_hdTCOdCpSgCLcBGAs/s320/IMG-20170711-WA0015.jpeg
https://4.bp.blogspot.com/-HYYLsYcu7ss/WXSsnVjVPvI/AAAAAAAACRM/lyyer5vrloIL8hcLjj83Mc_hdTCOdCpSgCLcBGAs/s72-c/IMG-20170711-WA0015.jpeg
SRI CORNER
https://coretan-sri.blogspot.com/2017/07/cara-merawat-gigi-anak-usia-0-2-tahun.html
https://coretan-sri.blogspot.com/
https://coretan-sri.blogspot.com/
https://coretan-sri.blogspot.com/2017/07/cara-merawat-gigi-anak-usia-0-2-tahun.html
true
4285505137762351497
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy