$type=carousel$count=10$cols=3$cate=0$show=home

$type=grid$rm=0$sn=0$count=1$va=0$show=home

$type=three$tbg=$count=3$space=0$m=0$sn=0$rm=0$ico=1$cate=1$show=home$i=show

Setelah 4 Hari Terbaring, Alhamdulillah Kembali Sehat

SEMUA obat yang diberikan sudah saya lahap, namun demam ini tetap saja membandel. Paracetamol yang diberikan dokter hanya bersifat sementar...

SEMUA obat yang diberikan sudah saya lahap, namun demam ini tetap saja membandel. Paracetamol yang diberikan dokter hanya bersifat sementara, paling lama bertahan 6 jam.

ilustrasi/google

BULAN ramadhan 1436 H (2015 M) ini mungkin akan jadi ramadhan yang sangat berkesan, meski tidakbegitu menyenangkan. Empat hari terkulai lemas di atas pembaringan, sebelum akhirnya sembuh dengan bantuan obat dan doa dari orang terdekat. Kondisi saya yang sedang hamil 31 minggu (menuju 8 bulan) sekarang ini bisa dibilang tidak lagi fit seperti saat sebelum hamil. Ditambah dengan beberapa aktivitas mengajar dan cuaca yang akhir-akhir ini sangat menguras energi. 

Sejak awal ramadhan, alhamdulillah kesehatan saya baik-baik saja dan dapat berpuasa full hingga hari kelima. Namun, di hari kelima (tengah malamnya) tiba-tiba suhu tubuh saya meningkat dan menggigil hebat. Beruntung suami dibantu ibu saya sigap dan dapat menurunkan suhu demam tubuh saya yang malam itu menggila. 

Keesokan harinya, tubuh saya masih terasa hangat dan sangat lemah. Kondisi seperti ini tentunya tidak memungkinkan saya untuk berpuasa. Lagipun dalam Islam, ibu hamil termasuk dalam kategori yang diberi keringanan saat berpuasa, kalau memang dengan berpuasa dirasa membahayakan bayi atau sang ibu tidak sanggup, ya tidak diwajibkan berpuasa. :D

Kembali ke cerita awal, untuk duduk saja saat itu saya juga tidak sanggup, kepala rasanya sangat berat disertai rasa mual yang membuat saya tidak selera makan. Saya merasa kembali ke masa awal kehamilan, mulai merasakan lagi mual dan muntah. Khawatir dengan kondisi bayi dalam kandungan, suami pun membawa saya berobat ke dokter kandungan. 

Satu kabar gembira, alhamdulillah kondisi bayi dalam kandungan saya sehat. Hanya saja, jantungnya berdetak cepat di atas angka normal. Dokter mengatakan itu disebabkan suhu tubuh saya yang tinggi yaitu 39,1°C. Sedangkan untuk suhu tubuh normal biasanya 36°C.

Untuk menurunkan demam, dokter memberi paracetamol (obat penurun panas) dan beberapa vitamin agar saya bisa kembali fit. Kata dokter, paracetamol termasuk obat aman yang dikonsumsi ibu hamil. Selain itu, bayi berumur 31 minggu sudah bisa bertahan dengan asupan obat. Tapi buat calon ibu ataupun para ibu yang sedang hamil, saya menyarankan sebaiknya hindari mengonsumsi obat apapun tanpa resep dokter jika merasa sakit. Lebih baik langsung berobat sehingga kalaupun harus minum obat, kita tidak was-was. Karena bagaimanapun, keselamatan dan kesehatan bayi adalah yang paling penting. 

Saran lain yang dianjurkan dokter adalah banyak minum air putih. Apalagi dengan cuaca yang sangat panas beberapa hari ini, minum air putih sangat wajib untuk menjaga asupan cairan tubuh agar tidak dehidrasi. Bagi yang berpuasa, usahakan minum air putih saat berbuka, malam (waktu antara setelah berbuka menjelang sahur), dan saat sahur.

Semua obat yang diberikan sudah saya lahap, namun demam ini tetap saja membandel. Paracetamol yang diberikan dokter hanya bersifat sementara, paling lama bertahan 6 jam. Setelah itu, demamnya naik lagi. Tiga hari dengan kondisi yang tersebut, tidak ada perubahan, akhirnya saya cek darah. Takut-takut kalau terkena DBD, karena tidak hanya demam, tapi seluruh tulang saya rasanya ngilu seperti mau copot. 


Obat dengan resep dokter yang saya minum ketika sakit,

Dari hasil cek laboratorium alhamdulillah bagus. Saya tidak terjangkit penyakit DBD. Terakhir, dokter memberi saya antibiotik. Antibiotik single dose (satu dosis) yang hanya sekali minum. Harganya pun lumayan menguras kantong. Namun, alhamdulillah setelah minum antibiotik, demamnya tidak balik lagi hingga hari ini. Saya sangat bersyukur dan senang akhirnya, sedikit demi sedikit kesehatan saya mulai pulih. 

Meski telah sembuh, sekarang saya masih belum sehat betul. Rasa sakit yang saya alami beberapa hari lalu memberi pelajaran besar, jika kesehatan itu mahal sekali harganya. Dalam sekejap bisa menguras isi kantong (apalagi jika berobat tanpa asuransi. Kalaupun ada, asuransi sekarang jeulimet sekali urusannya untuk penyakit tertentu). Tidak hanya itu, semua kegiatan juga ikut terhenti. Belum lagi rasa sakit secara fisik yang dirasakan. 

Paracetamol, obat penurun demam, Obat ini
aman bagi ibu hamil. Tapi sebaiknya, tetap
mengonsumsinya sesuai petunjuk dokter.
Karenanya, menjaga kesehatan adalah hal yang sangat penting. Jika punya uang, lebih baik membelanjakannya untuk hal-hal yang bermanfaat dan membeli makanan yang sehat. Daripada harus menghabiskan uang untuk berobat saat sudah sakit. Bukankah mencegah itu lebih baik daripada mengobati? 

Saya juga ingin membagi beberapa tips bagi teman-teman bloggers yang berpuasa agar tetap sehat. Tips ini saya peroleh dari dokter saat saya berobat. Di antaranya:

* konsumsi makanan yang sehat dan cukup gizi saat sahur dan berbuka. Seperti ikan, telur, sayuran, buah-buahan, dan susu.
* konsumsi vitamin jika dirasa perlu untuk menunjang stamina selama berpuasa. Untuk ibu hamil, lebih baik berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter atau bidan. Hindari penggunaan obat-obatan yang dijual bebas. 
* cukupi asupan cairan terutama dengan mengonsumsi air putih. Cukup cairan bisa menjaga daya tahan tubuh. Normalnya suhu tubuh seseorang 36°C. Jika diatas suhu tersebut maka sudah termasuk tinggi. Namun jika suhu tubuh masih berkisar antara 37-38°C jangan juga buru-buru minum obat, tetapi coba turunkan dengan banyak minum air putih (boleh air dingin ataupun hangat). Jika suhu tubuh tidak kunjung turun, baru minum paracetamol. 
* jika sering beraktivitas di luar rumah, pakai masker. Karena cuaca sekarang sangat panas dan gersang. Jadinya, banyak debu di luaran sana. Debu bahaya lho untuk kesehatan. 

Makanan empat sehat lima sempurna.
Sekian dulu cerita singkat dan tips yang bisa saya share. Semoga bermanfaat dan kita semua selalu dalam keadaan sehat walafiat. Tidak ada yang benar-benar berharga sampai kita kehilangannya. Begitu pula dengan kesehatan. Kita sering mengabaikannya, padahal kita tahu sakit itu amat sangat tidak enak bahkan menyiksa.

Share:

Facebook Google+ Twitter
privacy-icon.pngTHANK YOU
Semoga tulisan dari seorang ibu satu anak ini bermanfaat. Terima kasih untuk sobat yang sudah berkunjung ke rumah mungil saya. Komentar kalian semangat saya. Kalau ada saran dan masukan jangan segan untuk disampaikan. Dengan senang hati akan ditanggapi. Happy reading guys.^^

COMMENTS

BLOGGER: 6
Loading...

TIPS & PARENTING$type=grid$rm=0$sn=0$count=2$va=1

CULINARY & RECIPE$type=grid$rm=0$sn=0$count=2$va=1

TRAVELLING & HISTORY$type=grid$rm=0$sn=0$count=2$va=1

Name

Advertorial,3,Blogging,9,Competition,15,Culinary,8,Diary,21,Family,13,Feature,9,Friend,2,Gallery,11,History & Culture,5,Opinion,9,Parenting,15,Poetry,7,Recipe,5,Review,8,Tips,18,Travelling,16,Uncategorized,7,Video,6,Video Rashid,3,
ltr
item
SRI CORNER: Setelah 4 Hari Terbaring, Alhamdulillah Kembali Sehat
Setelah 4 Hari Terbaring, Alhamdulillah Kembali Sehat
http://1.bp.blogspot.com/-7OJuEoTLddI/VZJE2zi68cI/AAAAAAAABeE/k1UAtPbQ6W4/s640/Obat-Batuk-Yang-Aman-Untuk-Ibu-Hamil-Dan-Menusui.jpg
http://1.bp.blogspot.com/-7OJuEoTLddI/VZJE2zi68cI/AAAAAAAABeE/k1UAtPbQ6W4/s72-c/Obat-Batuk-Yang-Aman-Untuk-Ibu-Hamil-Dan-Menusui.jpg
SRI CORNER
https://coretan-sri.blogspot.com/2015/06/alhamdulillah-kembali-sehat.html
https://coretan-sri.blogspot.com/
https://coretan-sri.blogspot.com/
https://coretan-sri.blogspot.com/2015/06/alhamdulillah-kembali-sehat.html
true
4285505137762351497
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy