$type=carousel$count=10$cols=3$cate=0$show=home

$type=grid$rm=0$sn=0$count=1$va=0$show=home

$type=three$tbg=$count=3$space=0$m=0$sn=0$rm=0$ico=1$cate=1$show=home$i=show

Cek Hal Ini Sebelum Meninggalkan Rumah

Beberapa hari yang lalu saya melalukan hal kecil yang berakibat fatal. Saya lupa mematikan kompor selesai menggoreng telur dan sama se...

http://www.sricorner.com/


Beberapa hari yang lalu saya melalukan hal kecil yang berakibat fatal. Saya lupa mematikan kompor selesai menggoreng telur dan sama sekali tidak menyadarinya. Selesai menggoreng telur, saya mengajak Rashid keluar rumah untuk jalan-jalan sambil memberinya makan.

Ibu memberitahu hal itu saat saya pulang. Kata beliau dapur sudah penuh dengan asap. Minyak sisa menggoreng telur juga nyaris habis. Beruntung di rumah ada orang dan kompor cepat dimatikan. 

Kejadian serupa juga terjadi beberapa hari kemudian. Kali ini giliran ibu saya yang membuat kecerobohan. Juga karena lupa mematikan kompor setelah menggoreng telur. 

Saat tengah duduk-duduk mengobrol di ruang tv, kami sekeluarga mendengar bunyi criiinnggg. Lalu saya langsung melihat ke dapur karena teringat saya pernah lupa mematikan kompor. Benar saja, ibu lupa mematikan kompor setelah menggunakannya.

Kali ini lebih parah, kuali di atas kompor sudah diselimuti api. Kami pun panik. Ibu langsung mematikan kompor dan mencabut selang gas. Sementara saya mengambil kain tebal yang menjadi keset dapur dan mencelupkannya ke dalam air. Lalu meletakkannya diatas kuali yang terbakar. Api pun padam.

Alhamdulillah keadaan tersebut bisa teratasi. Tapi kejadian itu meninggalkan rasa was-was. Membuat saya parno setiap kali selesai memasak. Saya selalu mengecek apakah kompor sudah benar-benar dimatikan setelah memasak.

Ini menjadi pelajaran penting bagi kita semua. Ada hal-hal yang harus dipastikan sebelum kita tinggalkan terutama yang berhubungan dengan api dan listrik.

Jika kamu sering bepergian atau rumah sering ditinggal dalam keadaan kosong. Maka penting memastikan beberapa hal berikut:


1. Matikan kompor
Ini hal yang teramat sangat penting. Saya tidak hanya melakukannya saat akan keluar rumah saja, tapi juga saat selesai memasak. Daripada ragu-ragu, mending dicek lagi deh apa kompor benar-benar sudah mati. Jika ibu atau anggota keluarga yang lain sedang menggunakan kompor, saya juga sering mengeceknya. Sejak kejadian saat itu, saya jadi sangat was-was soal yang satu ini.


2. Cabut Kabel Listrik
Mencabut kabel listrik juga salah satu hal yang wajib dilakukan jika bepergian. Walaupun cuma ditinggal beberapa jam, tapi segala kemungkinan bisa saja terjadi kan. Apalagi sekarang kita suka menggunakan multiple socket yang bercabang-cabang. Itu sangat rawan lho.


http://www.sricorner.com
Saya juga menggunakan multiple socket. Saya selalu mencabut kabel utamanya
jika sedang tidak di rumah.


3. Kunci Jendela dan Pintu
Zaman sekarang maling merajalela kan ya. Saat ada orang pun rumah bisa kemalingan, apalagi jika ditinggal kosong. Karenanya, cek semua jendela dan pintu rumah sebelum pergi. Ini juga sangat penting selain soal api dan listrik tadi.


4. Tutup Keran Air
Di daerah tempat tinggal saya, suplai air hanya mengandalkan PDAM. Jadi kadang-kadang kalau mati air saya lupa menutup keran air. Alhasil ketika air PDAM nya hidup, rumah saya jadi kebanjiran. Bahaya juga kan, apalagi jika air sampai membasahi/menggenangi barang-barang elektronik. Kejadian ini juga sudah beberapa kali terjadi. Ampun deh!

Nah, itu beberapa hal yang selalu saya cek sebelum bepergian keluar rumah. Zaman sekarang hal-hal kecil tidak boleh dianggap sepele. Kewaspadaan harus terus ditingkatkan karena kita tidak tahu apa yang akan terjadi. Ayah saya sering berkata " ada ingat ada selamat". Semoga kita semua selalu berada dalam lindungan Allah swt. Aamiin.


Share:

Facebook Google+ Twitter
privacy-icon.pngTHANK YOU
Semoga tulisan dari seorang ibu satu anak ini bermanfaat. Terima kasih untuk sobat yang sudah berkunjung ke rumah mungil saya. Komentar kalian semangat saya. Kalau ada saran dan masukan jangan segan untuk disampaikan. Dengan senang hati akan ditanggapi. Happy reading guys.^^

COMMENTS

TIPS & PARENTING$type=grid$rm=0$sn=0$count=2$va=1

CULINARY & RECIPE$type=grid$rm=0$sn=0$count=2$va=1

TRAVELLING & HISTORY$type=grid$rm=0$sn=0$count=2$va=1

Name

Advertorial,3,Blogging,9,Competition,15,Culinary,8,Diary,21,Family,13,Feature,9,Friend,2,Gallery,11,History & Culture,5,Opinion,9,Parenting,15,Poetry,7,Recipe,5,Review,8,Tips,18,Travelling,16,Uncategorized,7,Video,6,Video Rashid,3,
ltr
item
SRI CORNER: Cek Hal Ini Sebelum Meninggalkan Rumah
Cek Hal Ini Sebelum Meninggalkan Rumah
https://4.bp.blogspot.com/-RAgudC9Ukv0/WWCKeqzFEgI/AAAAAAAACQU/ww0E3UskQOwrpcifK4VfxHXZsGyE3dETwCLcBGAs/s640/P_20170602_103829.jpg
https://4.bp.blogspot.com/-RAgudC9Ukv0/WWCKeqzFEgI/AAAAAAAACQU/ww0E3UskQOwrpcifK4VfxHXZsGyE3dETwCLcBGAs/s72-c/P_20170602_103829.jpg
SRI CORNER
https://coretan-sri.blogspot.com/2017/07/cek-hal-ini-sebelum-meninggalkan-rumah.html
https://coretan-sri.blogspot.com/
https://coretan-sri.blogspot.com/
https://coretan-sri.blogspot.com/2017/07/cek-hal-ini-sebelum-meninggalkan-rumah.html
true
4285505137762351497
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy