Deskripsi: Natural Language Processing (NLP) berperan penting dalam mengoptimalkan digital marketing. Bagaimana caranya? Simak penjelasann...
===============================
Bahkan, kini komputer bisa bekerja layaknya manusia yang bisa diajak berkomunikasi dan interaktif.
Natural Language Processing (NLP) dalam Bahasa Indonesia diartikan sebagai Pemrosesan Bahasa Alami dan termasuk dalam kategori Artificial Intelligence (AI) atau kecerdasan buatan.
Pada dasarnya, komputer tidak dapat berkomunikasi dengan manusia karena tidak memahami bahasa manusia.
NLP lah yang membantu komputer untuk memahami, menafsirkan, dan memanipulasi bahasa manusia.
Konsep NLP membantu komputer untuk mengartikan bahasa manusia baik berupa teks, audio, maupun visual.
Sebenarnya, konsep ini cukup sering digunakan sehari-hari, hanya saja tidak disadari.
Chatbot dan personal assistant seperti OK Google dan alexa adalah contoh program yang menggunakan konsep NLP.
Tak hanya mengartikan bahasa manusia, NLP juga mampu mendeteksi kesalahan ejaan, istilah gaul atau informal, atau aksen regional sehingga mesin pencari dapat memberikan informasi seakurat mungkin.
Kini, konsep NLP menjadi sebuah keuntungan bagi dunia bisnis digital.
Para pebisnis digital memanfaatkan teknologi ini untuk mengoptimalkan bisnis digitalnya.
Apa Hubungan NLP dengan Digital Marketing
Digital marketing menurut Ridwan Sanjaya & Josua Tarigan (2009) adalah kegiatan pemasaran termasuk branding yang menggunakan berbagai media.
Sebagai contoh yaitu blog, website, e-mail, adwords, dan berbagai macam jaringan media sosial.
Dengan kata lain, transaksi pada digital marketing terjadi di dunia maya atau secara online.
Untuk itu, pelaku digital marketing perlu memahami bagaimana cara kerja mesin pencari terutama Google dapat mengindeks konten lebih baik dengan memasukkan kata kunci yang tepat.
Apa hubungan antara NLP dengan digital marketing?
Adanya konsep NLP memudahkan para pengguna untuk mengumpulkan data dari Google, website, atau sosial media sebanyak yang diinginkan.
Dengan adanya NLP, pengguna tak perlu menerjemahkan bahasa komputer yang berupa angka-angka, melainkan komputerlah yang akan menerjemahkannya menjadi bahasa manusia.
Tak hanya satu, NLP bahkan bisa menerjemahkan berbagai bahasa seperti Bahasa Inggris, Perancis, Indonesia, Jerman, bahkan bahasa-bahasa lainnya.
Dengan demikian, pengguna akan lebih mudah mendapatkan informasi dari mesin pencari seperti Google.
Informasi-informasi inilah yang akan menjadi rujukan bagi pelaku digital marketing untuk mengoptimalkan digital marketingnya.
Berkat bantuan NLP, informasi-informasi yang dibutuhkan bisa didapat dengan mudah dan dapat digunakan untuk meningkatkan strategi dalam digital marketing.
Artinya para pelaku digital marketing juga dapat menggunakan NLP dalam kampanyenya untuk memastikan pesan yang disampaikan terjangkau oleh audiens yang menjadi target digital marketing.
Tak hanya itu, orang atau organisasi tersebut dapat memperoleh manfaat dari konten, produk, atau layanan Anda.
Bagaimana NLP Mempengaruhi Digital Marketing
Seberapa pentingkah peran NLP dalam digital marketing?
Econsultancy.com (2018) menyebutkan bahwa sebanyak 81% pelaku digital marketing berencana atau sedang menggunakan Artificial Intelligence (AI) atau kecerdasan buatan dalam penargetan dan segmentasi audiens.
Seperti diketahui NLP adalah cabang dari AI. Para pelaku digital marketing sebaiknya mengetahui dan memahami bagaimana NLP bisa menjadi sangat penting dalam digital marketing.
Alasan NLP Penting dalam Optimalkan Digital Marketing
Berikut 5 alasan pentingnya NLP dalam mengoptimalkan digital marketing.
1. Meningkatkan Jumlah Pengunjung
Setiap harinya, ada banyak orang yang mengakses internet untuk mencari informasi, konten, produk, dan sebagainya.
Ini menjadi peluang yang baik bagi pelaku digital marketing untuk mendapatkan prospek.
Kecepatan menjadi hal penting saat pengguna mencari informasi di mesin pencari seperti Google.
Pengguna tentunya ingin pertanyaan mereka bisa dijawab dengan cepat.
Pernahkah Anda berinteraksi melalui kolom obrolan yang ada pada sebuah website?
Itu adalah salah satu aplikasi yang menggunakan NLP, dengan tujuan mempercepat respon kepada pengguna.
NLP meningkatkan backend sistem chatbot dengan mengambil ribuan percakapan yang disimpan dalam database untuk menemukan tren.
Ini bisa membantu Anda dalam menyusun strategi untuk mengoptimalkan digital marketing.
2. Analisis Sentimen
Peran lain NLP adalah untuk mengukur sentimen pasar atau audiens terhadap merek yang Anda iklankan.
Dengan NLP, Anda bisa mengetahui kualitas konten Anda, apakah mendapat respon yang baik atau malah sebaliknya.
Respon tersebut biasanya dikenal dengan istilah positif, negatif, atau netral dari audiens.
Ini sangat berguna sebagai acuan agar selanjutnya Anda memiliki tolak ukur yang jelas dalam pembuatan sebuah konten.
Demikian, Anda dapat mengetahui apa yang disuka dan tidak disuka audiens.
Selanjutnya, Anda dapat merancang strategi yang tepat untuk mengoptimalkan digital marketing Anda.
3. Mendapatkan Audiens
Berikutnya, NLP juga digunakan untuk menarik dan mendapat audiens.
Di dunia digital seperti sekarang ini, data para pelanggan dapat menjadi sumber kehidupan bagi sebuah bisnis, apapun jenis bisnis tersebut.
Kemampuan penelusuran suara NLP dapat membantu Anda menargetkan audiens tertentu.
NLP juga bisa mengakses data dari berbagai platform online dan mengambil kata kunci tertentu dari percakapan audio.
Data konsumen ini dapat Anda manfaatkan untuk mendapat target audiens Anda.
Anda juga dapat mengidentifikasi konten atau iklan mana yang sesuai dengan kebutuhan, minat, atau tahap mereka dalam siklus pembelian.
4. Ranking SEO
Ranking atau peringkat SEO adalah salah satu hal penting dalam digital marketing.
Untuk membuat website Anda berada di peringkat atas, Anda perlu mengombinasikan kata kunci yang relevan dan tepat.
Dengan demikian, Google akan paham jika teks atau konten Anda adalah jawaban yang tepat untuk pertanyaan yang dicari.
Dalam hal ini, NLP berfungsi untuk mendeteksi berbagai macam kata kunci yang relevan.
Inilah nanti yang membantu Anda mengoptimalkan konten digital marketing sehingga bisa berada peringkat atas dan di halaman pertama Google.
5. Pembuatan Konten
Konten adalah salah satu hal yang paling esensial untuk sebuah digital marketing.
Pelaku digital marketing perlu membuat konten yang berkualitas dan menarik.
NLP bisa membantu Anda untuk mengidentifikasi topik yang sedang hangat di industri bisnis Anda.
Sehingga Anda tahu apa langkah yang bisa dilakukan agar konten dan website Anda banyak dikunjungi.
Itulah alasan mengapa NLP sangat penting dalam digital marketing.
Selain memiliki peran yang besar dalam mengoptimalkan digital marketing, NLP juga mempermudah manusia berinteraksi dengan komputer.
* Artikel ini dikerjakan dalam waktu 6 jam untuk uji penulisan Advanced Saungwriter
Sumber:
- https://www.spiralytics.com/blog/natural-language-processing-in-digital-marketing/
- https://morphio.ai/blog/natural-language-processing-marketing/
- https://www.textmetrics.com/what-is-natural-language-processing-nlp
- https://www.sas.com/id_id/insights/analytics/what-is-natural-language-processing-nlp.html
Semoga tulisan dari seorang ibu satu anak ini bermanfaat. Terima kasih untuk sobat yang sudah berkunjung ke rumah mungil saya. Komentar kalian semangat saya. Kalau ada saran dan masukan jangan segan untuk disampaikan. Dengan senang hati akan ditanggapi. Happy reading guys.^^
COMMENTS